Cara Bersihkan AC Mobil dengan Benar Supaya Masih tetap Dingin

Cara bersihkan AC mobil dibutuhkan untuk mengatasi AC yang kurang dingin. Untuk pemilik kendaraan, penting untuk ketahui cara ini supaya tak perlu habiskan uang untuk lakukan servis di bengkel. Dengan demikian, kamu dapat semakin hemat kan?

Sama seperti yang dijumpai, biaya bersihkan AC mobil di bengkel memerlukan biaya yang cukup banyak yakni sekitar di antara Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu. Dan bila kamu bersihkan sendiri tentunya biaya semakin lebih murah, yakni cuma sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu saja.

Lantas bagaimanakah triknya? Berikut akan Jalur Gaza uraikan mengenai bagaimana cara bersihkan AC mobil Avanza atau mobil jenis yang lain yang dapat kamu kerjakan sendiri di dalam rumah tanpa perlu ke bengkel.

Cara Bersihkan AC Mobil Sendiri

AC mobil sebagai salah satunya elemen penting untuk kendaraan. Elemen ini mempunyai peranan yang penting dalam jaga perputaran udara dalam mobil. Selainnya membuat udara dalam mobil masih tetap sejuk, kehadiran AC membuat temperatur kabin mobil jadi tetap konstan. Oleh karena itu keadaan AC mobil harus ditegaskan selalu sempurna terutamanya untuk kendaraan yang kerap dipakai tiap hari.

AC mobil yang kotor umumnya akan membuat performanya jadi kurang optimal hingga mengakibatkan AC mobil jadi kurang dingin. Bila tidak selekasnya diatasi secara baik, ini akan memengaruhi kenyamanan kamu saat berkendaraan. Oleh karena itu, penting untuk ketahui cara bersihkan AC mobil dengan AC cleaner.

Berikut beberapa langkah bersihkan AC mobil sendiri yang dapat kamu coba.

  1. Parkir Mobil di Lokasi yang Aman

Langkah awal bila kamu ingin bersihkan AC mobil sendiri adalah dengan tempatkan mobil di lokasi yang aman. Kamu perlu pastikan jika mobil diparkirkan di lokasi yang bersih dan berdebu. Ini penting kamu lihat, karena bila tempatnya berdebu maka memberi perputaran udara yang buruk untuk mobil.

Sesudah mobil ada di lokasi yang tepat, kamu perlu mempersiapkan beragam perlengkapan yang dibutuhkan untuk bersihkan AC mobil. Salah satunya seperti sikat gigi, cairan pencuci mobil, brush, dan lap bersih atau tissue.

  1. Mencari Tahu Lokasi Blower

Bila semua peralatan itu siap, kamu langsung bisa mulai bersihkan AC mobil sendiri tak perlu ke bengkel. tahap selanjutnya adalah pastikanlah kamu cari info di mana lokasi blower. Biasanya, lokasi blower ada di sisi glove box atau laci yang berada disebelah dashboard.

Untuk mendapati lokasi blower ini, kamu perlu buka glove box lebih dulu memakai obeng plus. Seterusnya bila glove box telah terbuka, dapatkan filter AC yang mempunyai wujud segi panjang. Mengambil filter AC itu untuk ketahui lokasi blower apa ada di bawah atau atas. Untuk ketahui status blower, kamu cukup meraba-raba filter AC yang telah dicabut awalnya itu.

  1. Check Keadaan Filter AC dengan Cermat

Cara bersihkan AC mobil yang tidak dingin atau kotor seterusnya adalah check keadaan filter AC dengan cermat untuk ketahui apa filter AC masih tetap baik atau telah kotor. Bila keadaan filter AC tidak begitu kotor, kamu perlu bersihkan permukaan atasnya saja memakai sikat untuk hilangkan debu yang melekat. Namun bila keadaan filter AC sangat kotor, karena itu kamu perlu menukar filter itu dengan filter yang baru.

  1. Tempatkan Cairan Pencuci AC Mobil di Segi Blower

Supaya AC mobil dapat bersih dengan optimal, dibutuhkan cairan khusus untuk membersihkan. Kamu dapat beli cairan pencuci AC di bengkel mobil paling dekat. Pastikanlah kamu beli cairan pencuci AC yang berwujud foam dalam paket spray. Cairan pencuci jenis ini lebih mudah dipakai.

Cara bersihkan AC mobil Avanza dengan cairan pencuci ini cukup mudah. Awalnya yakinkan kocok kaleng supaya kandungan di dalamnya dapat tercampur dengan rata. Seterusnya tempatkan spray di dekat segi blower AC dengan status penyemprot ke arah blower. Dengan status itu, karena itu cairan pencuci AC mobil semakin lebih mudah menyemprot cairannya secara masih tetap target.

  1. Hidupkan AC Mobil

Saat sebelum mengimplementasikan cara bersihkan AC mobil dengan AC cleaner ke blower, pastikanlah kamu telah menghidupkan AC mobil lebih dulu. Cara ini perlu kamu kerjakan minimal sepanjang lima menit dengan tujuan supaya embun dapat keluar permukaan evaporator hingga membuat permukaan evaporator semakin lebih basah.

Untuk yang belum mengetahui, evaporator sebagai elemen AC yang mempunyai wujud seperti radiator. Elemen ini berperan sebagai pemecah Freon ke selang-selang kecil yang hendak membuat temperatur mobil jadi lebih dingin. Dengan menghidupkan AC, karena itu proses pembersihan evaporator akan makin mudah dilaksanakan. Bila ingin lebih optimal, kamu dapat memakai AC dengan kecepatan tinggi. Bila kamu ketahui cara ini, tentunya tak perlu keluarkan biaya bersihkan evaporator AC mobil kembali.

  1. Semprot Cairan Pencuci AC Mobil ke Blower

Sesudah AC dihidupkan lebih kurang 5 menit, seterusnya kamu mulai bisa menyemprot cairan pencuci AC mobil ke blower. Triknya yakni tujukan selang cairan pencuci AC lewat filter ke sisi blower. Apabila sudah cocok, seterusnya semprot cairan itu sekitar 2-3 kali semprotan saja.

Untuk pastikan apa cairan pencuci AC telah menebar atau memang belum, kamu dapat memeriksanya dari lubang sirkulasi kolong mobil. Disana akan kelihatan gelembung-gelembung busa atau foam yang tercipta dari cairan tadi disemprot. Nanti busa itu akan keluar lewat ventilator AC mobil sampai habis. Proses cara bersihkan evaporator AC mobil tanpa bedah ini umumnya memerlukan waktu sepanjang 10 sampai 15 menit.

  1. Membersihkan Selang Sirkulasi AC Supaya Tidak Mampet

Sesudah pastikan blower AC bersih, cara seterusnya adalah bersihkan selang sirkulasi AC supaya tidak mampet. Selang sirkulasi AC yang bersih akan membuat proses pembuangan kotoran jadi lebih lancar. Untuk membersihkan, kamu dapat memakai lidi pijakl ke selang ventilator AC itu. Triknya cukup tusuk selang ventilator AC sampai kotoran yang menutup keluar semua.

Sesudah bersihkan evaporator AC mobil di bagian selang ventilator usai, seterusnya nantikan sesaat sampai semua kotoran keluar dan temperatur AC perlahan-lahan dingin kembali seperti yang lalu. Namun bila selang ventilator telah dibikin bersih namun temperatur AC tidak dingin, itu maknanya ada kerusakan pada mekanisme AC hingga kamu perlu bawa ke bengkel mobil.

  1. Pasang Kembali Filter AC dan Dashboard ke Status Sebelumnya

Bila proses pembersihan AC mobil telah usai, seterusnya adalah pasang lagi filter AC dan dashboard pada tempat awal. Namun awalnya, yakinkan jika penyaring udara telah betul-betul bersih. Yakinkan tidak ada beberapa sisa kotoran yang ketinggalan di filter karena akan membuat permukaan evaporator jadi kotor kembali.

Bila filter AC telah dipasang secara baik, seterusnya pasang lagi glove box atau laci dashboard ke arah tempat sebelumnya. Dengan cara ini, AC bisa dipakai kembali seperti yang lalu dan tentunya telah lebih dingin. Bila kamu dapat melakukan sendiri, jadi tidak perlu keluarkan biaya bersihkan AC mobil untuk servis ke bengkel.

Proses pembersihan AC mobil ini sebetulnya dapat dilaksanakan dengan mudah. Namun kamu perlu memerhatikan beragam detil supaya tidak ada kekeliruan. Pasalnya bila terjadi kekeliruan malah dapat membuat keadaan AC makin kronis . Maka bila kamu sangsi dan tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan sendiri, sebaiknya dibawa ke bengkel servis AC mobil saja.

Factor yang Mengakibatkan AC Mobil Kotor

AC mobil yang kurang dingin umumnya dikarenakan oleh keadaannya yang kotor dan tidak terurus secara baik. Oleh karena itu, penting untuk pemilik mobil untuk ketahui beragam factor yang dapat mengakibatkan AC mobil kotor. Selainnya untuk membuat AC lebih dingin, dengan ketahui factor yang membuat cepat kotor, kamu tak perlu lakukan cara melepaskan evaporator AC mobil untuk lakukan pembersihan lebih kerap.

Berikut faktor-faktor pemicu AC mobil kotor yang penting kamu cermati.

  1. Mematikan Mesin Mobil saat AC Masih Berpijar

Salah satunya rutinitas yang dapat membuat AC mobil cepat kotor adalah mematikan mesin mobil saat AC masih berpijar. Rutinitas ini bukan hanya membuat AC mobil jadi memiliki masalah namun punya pengaruh pada accu mobil. Ini karena saat mesin mobil dihidupkan mata AC mobil akan automatis berpijar yang membuat accu mobil bekerja lebih keras.

Mematikan mesin mobil saat AC berpijar punya pengaruh pada arus listrik kendaraan jadi kurang konstan. Rutinitas jelek ini bila dilaksanakan terus-terusan akan memengaruhi listrik AC hingga tidak tutup peluang akan mengakibatkan kerusakan.

  1. Menghidupkan AC saat Jendela Mobil Terbuka

Bila kamu tidak mau lakukan cara bersihkan AC mobil tidak dingin, jauhi rutinitas menghidupkan AC mobil saat jendela mobil terbuka. Biarkan jendela mobil terbuka saat AC berpijar dapat membuat AC jadi lebih cepat kotor dan hancur. Rutinitas ini akan membuat compressor bekerja lebih berat dalam membuat temperatur dalam mobil lebih dingin.

  1. Memakai Minyak wangi Mobil Wujud Gel

Factor yang lain yang bisa juga mengakibatkan AC mobil bisa lebih cepat kotor adalah pemakaian minyak wangi mobil berwujud gel. Minyak wangi mobil berwujud gel akan beralih menjadi gas dan menguap dan menebarkan wewangian ke semua ruang kendaraan. Seterusnya uap itu saat terserang dingin AC maka beralih menjadi gel kembali.

Bila terjadi dalam waktu yang lama, ini beresiko membuat evaporator dan filter AC jadi mampet. Oleh karena itu jauhi pemakaian minyak wangi mobil wujud gel bila tidak mau lakukan cara bersihkan AC mobil APV setiap waktu.

  1. Merokok di Dalam Mobil

Satu kembali rutinitas yang tanpa diakui dapat membuat AC mobil bisa lebih cepat kotor adalah merokok dalam mobil. Rutinitas ini dapat membuat filter AC semakin lebih mudah kotor karena asap dan debu dari puntung rokok yang terbakar. Ini tentunya akan membuat temperatur AC mobil kamu jadi kurang optimal.

Dibanding harus belajar cara membuat cairan pencuci AC mobil sendiri, sebaiknya jauhi rutinitas merokok dalam mobil. Bila ingin merokok dalam mobil, yakinkan saat mesin dan AC mobil pada keadaan mati. Ini akan meminimalkan asap dan debu rokok masuk ke evaporator dan filter AC.

Cara Menjaga AC Mobil

Sama seperti yang telah diulas awalnya, AC mobil mempunyai peranan yang penting dalam jaga perputaran udara dalam kendaraan. Oleh karena itu, pastikan AC mobil dapat bekerja dengan optimal adalah kewajiban. Pasalnya bila sampai AC sampai hancur dan memiliki masalah, karena itu kamu harus keluarkan biaya bersihkan filter AC mobil yang cukup banyak.

Untuk pastikan AC selalu bersih dan dapat bekerja dengan maksimal, karena itu kamu perlu lakukan perawatan dengan teratur. Berikut beberapa cara menjaga AC mobil yang dapat kamu coba.

  1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Salah satunya cara menjaga AC mobil supaya tahan lama dan tidak mudah kotor adalah dengan jaga kebersihan kabin mobil. Kabin mobil yang kotor dan berdebu benar-benar tidak bagus untuk AC kendaraan karena kotoran dapat melekat pada filter AC yang membuat performanya jadi kurang optimal.

  1. Jauhi Buka Kaca Mobil Saat AC Berpijar

Saat AC berpijar, jauhi untuk buka kaca kendaraan. Selainnya beresiko, rutinitas ini bisa juga membuat AC mobil bisa lebih cepat kotor karena paparan udara dan debu di luar kendaraan.

  1. Jauhi Merokok Saat AC Mobil Berpijar

Cara menjaga AC mobil yang seterusnya adalah dengan menghindar merokok dalam kendaraan saat AC sedang berpijar. Asap dan tersisa abu rokok dapat melekat di filter AC yang membuat jadi lebih cepat kotor dan kurang dingin.

  1. Membersihkan Kondensor AC Mobil

Teratur bersihkan kondensor menjadi satu diantara cara untuk menghindar cara bersihkan evaporator AC mobil tanpa bedah. Upayakan untuk bersihkan kondensor saat kamu membersihkan mobil. Cara ini bermanfaat untuk buang kotoran dan debu yang melekat dan dapat mengakibatkan kebocoran dan korosi pada elemen itu.

  1. Membersihkan Filter Kabin

Cara untuk menjaga AC mobil yang seterusnya adalah dengan bersihkan filter kabin dengan teratur. Bila keadaan filter kabin tidak mencukupi, sebaiknya selekasnya kerjakan pergantian supaya performa AC dapat optimal kembali.

  1. Kerjakan Servis AC secara Periodik

Panduan menjaga AC supaya selalu dingin maksimal yang paling akhir adalah dengan lakukan servis AC mobil secara periodik. Cara ini penting dilaksanakan untuk pastikan semua elemen AC mobil pada keadaan baik. Dengan demikian, AC mobil dapat bekerja yang baik untuk membuat ruang mobil jadi lebih dingin dan nyaman.

AC mobil sebagai salah satunya elemen kendaraan yang paling punya pengaruh pada kenyamanan saat berkendaraan. Oleh karena itu, penting sekali untuk pastikan jika AC mobil kamu selalu bersih dan pada keadaan sempurna. Dengan demikian, perputaran udara dalam mobil akan lebih bagus hingga kamu dapat nyaman saat lakukan perjalanan.

Tersebut pembahasan menarik sekitar cara bersihkan AC mobil yang dapat kamu kerjakan sendiri di dalam rumah. AC yang bersih bukan hanya membuat nyaman saat berkendaraan namun membuat perputaran udara di ruang mobil jadi lebih sehat. Oleh karena itu, penting untuk pemilik kendaraan untuk ketahui bagaimana bersihkan AC mobil sendiri untuk pastikan AC kendaraan dapat bekerja dengan optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.