Cara Melihat Expired Ban Mobil

Mobil banyak memiliki elemen penting yang perlu jadi perhatian. Salah satunya elemen itu adalah ban mobil. Sisi ini sangat penting karena menyokong langsung keselamatan dari beberapa orang yang ada dalam mobil. Tetapi ada banyak orang yang belum mengetahui jika ban mobil mempunyai periode expired. Bila seorang masih tetap memakai ban mobil yang telah expired karena itu dia akan tingkatkan terjadinya kemungkinan kecelakaan karena ban mobil yang tidak pantas gunakan. Ada banyak cara menyaksikan expired ban mobil yang dapat dilaksanakan untuk menahan kecelakaan terjadi. Bila kamu mendapati ban mobil kamu telah expired, coba untuk menukarnya selekasnya agar peluang kecelakaan dapat dijauhi. Berikut ulasan mendalam Jalur Gaza,

Cara Menyaksikan Expired Ban Mobil

Kita dapat ketahui periode expired satu ban mobil dengan cara memerhatikan kode-kode yang ada pada dinding ban mobil. Kode-kode itu berisi berkenaan susunan ban, tahun produksi, dan periode kedaluwarsanya. Ban kedaluwarsa adalah ban yang sudah melalui batasan waktu pemakaiannya.

Kita dapat mengetahuinya dengan cara menyaksikan tahun produksi yang ada di code itu. Tahun ini umumnya diperlihatkan dengan 4 digit angka. Misalnya ban yang dibuat pada minggu ke 28 tahun 2021 akan dicatat sebagai 2821 pada dinding ban. Kamu dapat ketahui kapan ban itu kedaluwarsa dengan menambah waktu 3 atau lima tahun, karena umumnya periode optimal pemakaian ban adalah 3 sampai lima tahun.

Panduan Menjaga Ban Mobil

Berikut adalah banyak hal yang dapat mengakibatkan ban mobil rusak.

Terserang benda tajam

Benda tajam seperti kerikil dan paku dapat mengakibatkan ban mobil pecah. Bila kamu mendapati beberapa benda tajam tertanam di ban mobil kamu karena itu kamu harus selekasnya melakukan perbaikan.

Penekanan udara tidak sesuai dengan standard

Performa ban otomotif ini akan makin berat bila penekanan angin terlampau rendah, apa lagi saat kamu bawa banyak penumpang dan barang. Penekanan yang terlampau tinggi dapat membuat permukaan ban jadi lembut hingga tidak ada gesekan yang menolong ban untuk berakselerasi. Pakai penekanan angin yang cocok untuk ban kamu agar ban mobil selalu pada batasan normal.

Kerap rem tiba-tiba

Ngerem tiba-tiba dapat membuat gesekan ban dengan jalanan akan makin besar hingga ban mobil semakin lebih mudah hancur. Kendarai mobil kamu secara benar dan tidak boleh ngerem secara tiba-tiba, terkecuali saat kamu betul-betul memerlukannya.

Velg yang tidak sesuaiĀ 

Velg custom bisa membuat mobil makin memikat. Tetapi kamu tetap harus menyesuaikan sama ukuran ban mobil. Ukuran velg yang terlampau kecil atau besar dapat kurangi perform ban, khususnya saat kamu bawa beban yang lumayan berat.

Kerap mengecek kekerasan ban

Kamu harus mengecek kekerasan ban dengan teratur untuk dapat pastikan jika tekanannya ada pada batasan normal. Kamu dapat isi angin dengan teratur bila tekanannya mulai menyusut. Kerjakan perawatan ini minimal dua minggu sampai 1 bulan sekali.

Memakai jenis ban yang tepat

Kamu harus menukar ban yang sesuai jenis mobil. Mobil sedan mempunyai ban mobil yang lain dengan mobil MPV. Perform mobil akan dikuasai oleh ukuran dan karakter berbahan. Tersebut mengapa memakai ban yang sesuai mobil akan membuat perjalanan kamu jadi lebih aman serta nyaman.

Mengecek permukaan ban secara baik

Pola pada permukaan ban berperan untuk tingkatkan style gesekan di jalanan. Bila pola ini tidak dapat disaksikan secara jelas dan struktur ban makin tipis, karena itu kamu harus selekasnya menukarnya sama yang baru. Ban mobil yang tipis dan licin dapat tingkatkan peluang kecelakaan karena style gesek yang telah turun dan tidak dapat menyesuaikan dengan jalanan licin. Kamu dapat pilih ban mobil dengan pola yang besar dan bahan yang tebal. Harga ban mobil dengan kualitas tinggi memang lumayan mahal tapi kamu akan aman saat memakainya.

Perputaran ban secara periodik

Kamu tidak harus menukar 4 ban mobil langsung tapi kamu dapat mengawalinya dari ban depan lebih dulu. Ini karena sisi ban mobil depan dapat semakin cepat gundul karena kegiatan pengereman. Kamu dapat mengalihkan ban belakang ke sisi depan. Sisi ban belakang mobil dapat memakai ban baru hingga kamu dapat semakin irit dan perform mobil masih tetap baik. Mobil akan mempunyai perform yang bagus saat ban mobil mempunyai style gesek yang tinggi.

Kurangi kemampuan mobil

Beberapa orang yang tidak paham jika banyaknya penumpang dan barang yang dimasukkan ke mobil dapat membuat ban mobil cepat hancur. Kemampuan tinggi pada mobil dapat tingkatkan kerja mobil saat di perjalanan. Kemampuan berlebihan ini tingkatkan konsumsi bahan bakar hingga kamu harus kurangi kemampuan dalam mobil saat kamu ingin lakukan perjalanan jauh. Ini akan menolong dalam jaga ban mobil supaya masih tetap baik.

Menghindar jalanan hancur

Memang susah untuk ketahui keadaan dari jalanan yang hendak kamu lalui. Jalanan yang hancur akan tingkatkan peluang ban mobil jadi cepat hancur. Jalanan ini jadi pemicu mengapa ban bisa lebih cepat gundul dan pecah. Kamu dapat menghindar jalanan yang hancur bila kamu sudah tahu jalan itu. Umumnya, ban mobil yang kerap melalui jalanan hancur lebih pendek umurnya daripada ban yang melalui jalanan mulus.

Nitrogen untuk ban mobil

Beberapa orang yang memutuskan untuk memakai nitrogen sebagai pengisi ban mobil karena banyak kelebihan yang dipunyainya.

Kekerasan ban masih tetap konstan

Penekanan pada ban akan konstan dengan memakai nitrogen karena gas ini mempunyai zat yang susah untuk alami peralihan penekanan walau pada suhu yang tidak konstan.

Bertahan lama

Penekanan yang selalu konstan membuat nitrogen dapat semakin bertahan lama. Kamu tidak harus kerap isi nitrogen karena jumlah nitrogen tidak mudah turun walau mobil kerap dipakai.

Jaga wujud ban

Kekerasan ban yang selalu konstan membuat wujud ban tidak mudah berbeda. Wujud ban tetap bundar saat melalui jalanan yang tidak rata. Ini akan membuat usia ban makin panjang dan dapat ditukar sesudah dipakai lama.

Tidak ada uap air

Nitrogen bukan sisi pembentuk air hingga tidak dapat hasilkan embun. Berlainan dengan oksigen yang dapat munculkan uap air hingga benar-benar korosif untuk velg ban. Oksigen ini dapat membuat velg berkarat dan hancur.

Daya cengkeram yang bagus

Nitrogen yang selalu konstan dapat tingkatkan daya cengkeram dari ban. Ini akan membuat perjalanan kamu dengan mobil jadi lebih nyaman dan aman. Kamu dapat memakai akselerasi dengan optimal saat melalui jalanan yang susah.

Beberapa ciri Ban Mobil Perlu Ditukar

Ban mobil yang penting ditukar mempunyai beberapa ciri tertentu yang perlu dikenal oleh pemilik mobil agar dapat menukar ban yang tidak pantas selekasnya mungkin. Ban mobil yang tidak pantas akan beresiko, tidak cuma buat mereka yang ada dalam mobil, tapi untuk semuanya yang ada di jalanan.

Karena kecelakaan tidak tutup peluang jika cuma mobil memiliki masalah saja yang hendak terserang efeknya. Benar-benar penting untuk memeriksa keadaan dari kendaraan kamu saat sebelum kamu memilih untuk lakukan perjalanan, khususnya perjalanan jauh. Bila kamu belum mengetahui apa beberapa ciri ban mobil perlu ditukar, karena itu kamu dapat menyaksikan daftar berikut ini dan menentukannya dengan keadaan dari ban mobil yang kamu punyai.

  1. Sudah Digunakan Sepanjang 3 Tahun atau Lebih

Ban mobil dibuat dari karet plastis. Karet ini akan menyusut kelenturannya seiring waktu berjalan. Apabila sudah kelamaan, karet ini terus akan menyusut keelastisannya hingga kemudian tidak lentur sama sekalipun. Umur terbaik untuk satu ban adalah tiga tahun dan ini adalah saat yang tepat untuk menukar ban. Walau polanya mungkin bagus, tapi umumnya ban yang telah kelamaan akan keras hingga tidak pas untuk dipakai.

  1. Ketebalan Ban Telah Tidak Sama sesuai

Semua ban mobil mempunyai tanda TWI (Tread Wear Indicator) yang disebut batasan keausan ban yang membuat masih tetap dapat digunakan, bila pola ban telah capai TWI ini, karena itu kamu harus selekasnya menukarnya. Ada 2 tempat di mana tanda ini berada, di bagian pinggir dan telapak ban. Pada pinggir, kamu dapat menyaksikan segitiga kecil, dan di telapak kamu dapat menyaksikan benjolan yang tidak dengan tinggi pola ban.

  1. Jarak Menempuh Sudah Capai 40.000 Km

Walau kamu belum memakai ban sampai tiga tahun, kamu harus tetap menukar ban bila kamu telah capai jarak menempuh 40.000 km. Misalkan kamu melancong sepanjang 50.000 km dalam dua tahun. Kamu tetap harus menukar ban, walau ban mobil kamu masih lentur.

Ban yang telah dipakai untuk perjalanan jauh umumnya mudah aus. Mobil dapat capai 15 – 20 ribu km /tahunnya, hingga 40 ribu km dapat diraih cukup dengan waktu dua tahun.

  1. Permukaan Ban Gundul, Benjol, dan Rengat

Tidak cuma beberapa ciri di atas saja, tapi bila kamu mendapati ban kamu telah gundul, benjol, atau rengat, karena itu ini adalah saat yang tepat untuk menukarnya. Walau kamu cuma mendapati sisi yang gundul di tengah-tengah, menukarnya selekasnya adalah pilihan yang tepat. Tidak boleh tunggu hingga semua sisi jadi gundul karena ini akan memengaruhi keselamatan kamu di jalanan.

Ada tonjolan pada ban dapat menjadi referensi untuk selekasnya menukarnya. Tonjolan memperlihatkan ada kawat atau benang penguat konstruksi yang putus hingga ketahanan makin jelek. Ini dapat membuat ban lebih mudah pecah karena ada banyak sisi yang tidak dapat meredam penekanan udara.

Biaya Tukar Ban Mobil

Menukar ban mobil adalah hal yang paling penting untuk dilaksanakan untuk jaga keselamatan kita di perjalanan. Tetapi, harga ban mobil terbaik tidak murah hingga beberapa orang yang menghindar untuk menukar ban mobil mereka.

Hal ini betul ada, tapi kita jangan lupakan keselamatan kita untuk mengirit uang yang tidak dapat kita pakai jika kita tidak selamat diperjalanan. Bila kamu lebih sukai untuk menukar ban mobil di bengkel resmi karena keoriginalan dari produknya, karena itu biaya tukar ban mobil yang hendak kamu kerjakan kemungkinan semakin lebih mahal.

Tetapi, bila kamu mempunyai ketrampilan dalam beberapa hal yang bau mobil, karena itu kamu dapat melakukan sendiri. Biaya tukar ban mobil akan jadi lebih murah karena kamu tidak harus bayar biaya jasa.

  1. Biaya Tukar Ban Mobil di Bengkel Resmi

Harga ban mobil memang tidak murah. Kamu kemungkinan harus memasangkannya seringkali agar ban nyaman untuk dipakai. Salah satunya panduan mengenai cara menukar ban mobil adalah dengan lakukan balancing agar roda masih tetap imbang.

Kamu harus tetap lakukan proses ini walau kamu memakai ban sisa. Jika kamu melalui tingkatan ini, karena itu kaki-kaki mobil tidak imbang. Kaki-kaki mobil yang tidak imbang dapat membuat kemudi bergerak sendiri ke kanan dan ke kiri. Ini tentu saja akan mencelakakan penumpang dan sopir.

Saat menukar ban, kamu harus cari ban yang sesuai mobil dan bujet yang kamu punyai. Kamu harus juga memerhatikan biaya balancing dan tingkatan yang lain saat menukar dan memasangkan ban. Tanya lebih dulu ke mekanik berkenaan prediksi biaya tukar ban ini. Umumnya balancing mempunyai biaya dimulai dari Rp10.000 sampai Rp30.000 per rodanya.

Spooring akan mempunyai harga bergantung pada jenis mobil yang kamu punyai. Umumnya Honda Jazz dan Toyota Yaris akan mempunyai harga Rp150.000 sampai Rp175.000 per rodanya. Toyota Alphard atau Mitsubishi Pajero umumnya mempunyai harga sekitaran 200 beberapa ribu rodanya. Ini tidak terhitung dengan ban yang kamu tentukan. Semua type dan merek ban mempunyai harga yang berbeda. Umumnya harga ban termurah ada pada range Rp400.000 sampai Rp500.000.

  1. Biaya Tukar Ban Mobil di Bengkel Umum

Kamu tidak cuma dapat menukar ban di bengkel resmi tapi juga di bengkel umum. Bengkel umum umumnya dapat layani beragam jenis dan merek mobil. Kamu dapat pilih bengkel umum jika kamu susah mendapati bengkel resmi di wilayah kamu. Tetapi kamu harus tetap memerhatikan biaya yang perlu kamu bayar saat kamu menukar ban mobil. Yakinkan jika ongkosnya telah diterangkan pada awal hingga kamu tidak terkejut saat bayar.

Pergantian empat ban mobil secara sekalian mendefinisikan kamu harus menukar ban, lakukan jasa spooring dan balancing untuk semuanya ban. Misalkan ban harga adalah Rp600.000, kalikan harga ini sekitar 4 kali. Karena itu harga ban adalah Rp2.400.000. Untuk biaya yang lain akan sesuai bengkel yang kamu tentukan. Kamu dapat tiba ke bengkel umum yang telah kamu yakin agar kamu dapat memperoleh harga terbaik untuk menukar ban mobil.

  1. Biaya Tukar Ban Mobil Sendiri

Kamu bisa menukar ban mobil sendiri tapi kamu harus tetap lakukan spooring dan balancing. Yakinkan untuk telah mempunyai semua alat yang diperlukan untuk menukar ban. Bila kamu telah pakar dan mempunyai semua alat, karena itu aktivitas ini semakin lebih mudah dan murah. Sama ini, kamu perlu keluarkan uang untuk beli ban baru atau sisa untuk ditukar.

Tersebut informasi-informasi yang bisa kami beri berkaitan dengan cara menyaksikan expired ban mobil. Sama seperti yang telah kami ulang-ulang awalnya, ban mobil adalah elemen dari mobil yang paling penting karena langsung menyokong keselamatan dari semua penumpang yang berada di dalamnya. Tersebut mengapa selalu ketahui kapan ban mobil kamu akan expired adalah hal yang paling penting untuk dilaksanakan. Tidak boleh tunggu hingga kamu alami kecelakaan lebih dulu untuk menukar ban mobil yang kamu punyai. Pakai beberapa cara yang kami beri di atas untuk dapat perpanjang usia dari ban mobil yang kamu punyai. Mudah-mudahan info ini bisa menolong kamu untuk selalu selamat di perjalanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.