Ketahui Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis dan Cara Menggantinya

Salah satunya elemen penting pada mobil yang perlu jadi perhatian oleh pemakainya adalah kopling. Dengan kopling, peralihan transmisi jadi lembut tanpa membuat mesin tersengal. Keutamaan peranan kopling membuat elemen ini harus teratur dirawat. Pemakai mobil harus juga apa beberapa ciri kampas kopling mobil habis saat perawatan.

Masalahnya performa kampas kopling mobil makin turun bersamaan dengan lama waktunya pemakaian kendaraan memiliki roda empat itu. Kerja kampas kopling benar-benar terkait dengan gesekan dan penekanan, mengakibatkan keausan yang selanjutnya berpengaruh pada perform mobil.

Bila mobil telah memperlihatkan pertanda kampas kopling yang habis, elemen itu harus selekasnya ditukar. Tunda untuk menukarnya cuma menyebabkan kerusakan yang lebih kronis. Mengakibatkan, keadaan mobil makin turun hari untuk harinya, hingga mengemudikan mobil juga rasanya tidak nyaman dan aman.

Berikut Jalur Gaza akan beri keterangan berkaitan pertanda atau ciri-ciri kampas kopling mobil yang habis dan perlu ditukar selekasnya. Kurang lebih apa sajakah?

Apa Itu Kampas Kopling Mobil

Sama seperti yang dijumpai di otomotif, kampas kopling mobil sebagai elemen yang berwujud piringan dan dengan bahan asbes. Letak kampas kopling mobil di dekat flywheel yang tersambung dengan mesin, dan bekerja salurkan tenaga dari dapur picu ke arah transmisi mobil.

Kampas kopling bekerja dengan cara memutar input shaft pada transmisi. Simpelnya, pelat kopling dipakai untuk menghubungkan dua kutub yang berputar-putar.

Kampas kopling mempunyai beberapa elemen yang sama-sama bekerja bersama. Kampas kopling mobil terbagi dalam beberapa elemen dengan perannya masing-masing. Baca beberapa elemen yang ada pada kampas kopling dan dengan perannya di bawah ini.

  1. Clutch Hub

Elemen pertama kali yang berada di sisi tengah kampas kopling yakni Clutch Hub. Elemen ini berperan tempat penyambung di antara unit kampas kopling lain dengan input shaft transmisi. Lewat Clutch Hub, unit kampas kopling bisa lakukan pergerakan sedikit maju dan mundur.

  1. Torsion Dumper

Elemen pada di kampas kopling lainnya yakni Torsion Dumper. Elemen Torsion Spring Dumper berperanan sebagai peredam hentakan atau puntiran saat kopling mulai melanjutkan atau menyambungkan perputaran, baik saat akselerasi atau deselerasi.

  1. Disc Plate

Elemen seterusnya yang disebut sisi dari kampas kopling adalah Disc Plate. Elemen ini sebagai elemen khusus pada unit kampas kopling yang berperan untuk meredam satu beban kerja saat kendaraan digerakkan.

  1. Facing (Kampas Kopling)

Elemen lain dalam kampas kopling namanya facing. Facing atau kampas kopling berperan untuk membesarkan gesekan. Dengan begitu, karena itu perpindahan tenaga dan daya mesin pada kendaraan bisa jalan dengan maksimal.

  1. Cushion Plate

Elemen Cushion Plate sebagai lokasi yang dipakai untuk dudukan kampas kopling (facing).

Disamping itu, Cushion Plate berperan untuk memperhalus kerja kopling saat dipakai hingga mesin tidak tersengal.

  1. Paku Keling (Rivet)

Satu kembali elemen yang ada pada kampas kopling yakni Rivet. Paku keling atau rivet sebagai lokasi yang dipakai untuk menjadikan satu beberapa elemen pelat kopling seperti menjadikan satu kampas kopling dengan cushion plate an cushion plate dengan disc plate.

Sebagai info, kampas kopling mempunyai 2 jenis yang lain yakni kampas kopling automatis dan kampas kopling manual. Jenis kopling memang diperbedakan berdasar cara kerjanya. Kampas kopling yang automatis akan mengaplikasikan style sentrifugal.

Jenis kopling sangat punya pengaruh pada harga kampas kopling, karena harga kampas kopling automatis umumnya mempunyai harga yang tambah mahal dibanding sama yang manual. Range harga kampas kopling Rp400.000 sampai Rp1.000.000.

Jenis kopling automatis berperan untuk salurkan tenaga secara automatis dan kerjanya sangat dikuasai oleh perputaran mesinnya. Cara kerja itu akan membuat status formasi kampas dan pelat kopling jadi renggang.

Mekanisme kampas dan pelat kopling dapat mendekat secara perlahan-lahan, saat mobil mulai di gas dan tenaga yang dibuat akan dilanjutkan ke transmisi, hingga bisa lanjut ke sisi roda belakang mobil.

Kampas kopling automatis sangat berlainan dengan kampas kopling manual. Jenis kopling mobil manual mempunyai formasi kampas dan pelat kopling yang rapat. Tenaga yang hendak diteruskan akan dipengaruhi oleh pengendaranya.

Bila pengendara akan tekan handle kopling, karena itu sisi kampas dan pelat kopling akan merenggang. Ini akan membuat tenaga dari mesin ke transmisi akan terlepas. Karena ada proses ini, karena itu mobil tidak meluncur saat di gas.

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Tentu saja, supaya bisa berkendaraan secara nyaman, kamu perlu jaga perform kendaraan kecintaanmu masih tetap sempurna, berikut beberapa ciri kampas kopling mobil habis dan perlu ditukar.

  1. Pedal kopling tampak semakin tinggi

Salah satunya beberapa ciri kampas kopling mobil habis dapat kelihatan dari pedal kopling. Saat kampas kopling aus atau bahkan juga telah habis, pedal kopling atau clutch disc akan tampak semakin tinggi. Mengakibatkan, jarak pijak pedal kopling juga jadi lebih pendek.

Pedal kopling transmisi manual memanglah bisa ditata ketinggiannya, yakni dengan sesuaikan kabel kopling. Tetapi, bila status pedal naik mendadak, bisa saja kampas kopling mobil telah tipis atau bahkan juga habis. Kamu harus memerhatikan keadaan mobil ini, hingga dapat lakukan pergantian kampas kopling selekasnya.

  1. Akselerasi mesin turun

Ciri-ciri yang lain dapat dirasa dengan mudah adalah akselerasi mobil yang turun. Saat kampas kopling habis, tenaga yang dibuat dari perputaran mesin tidak tersalurkan secara baik pada transmisi.

Saat mencapai pedal gas mobil, kecepatan mesinnya tidak berubah. Malah mesin akan berdecit atau bahkan juga meraung. Akselerasi kurang kuat ini harus jadi perhatian oleh pemakai mobil karena akan punya pengaruh pada keadaan mobil yang akan datang.

Jika kampas telah betul-betul habis, mobil dapat masuk ke keadaan macet atau mobil diam tetapi mesin masih tetap hidup. Keadaan ini terang mencelakakan keselamatan. Karena itu, apabila sudah rasakan akselerasi mobil menyusut, selekasnya tukar kampas kopling lama sama yang baru.

  1. Timbul berbau hangus

Selainnya dapat dirasa dan disaksikan, beberapa ciri kampas kopling mobil habis bisa juga diketahui dengan indera penciuman. Kampas kopling aus atau habis karena terbakar akan keluarkan berbau hangus.

Berbau hangus ini awalnya tidak tercium dari kabin. Tetapi saat kampas telah tipis, berbau gosong akan kuat sampai kabin mobil. Kopling aus bukan hanya punya pengaruh pada keadaan mobil, tetapi bisa juga membuat penumpang tidak nyaman saat berkendaraan karena berbau hangusnya.

Kampas kopling akan mudah terbakar bila kamu sedang lewat tempat tanjakan atau turunan terjal seperti jalanan di pegunungan. Kontur jalanan yang turun naik akan membuat peralihan transmisi jadi intensif. Hasilnya, kampas kopling akan terbakar karena gesekan tinggi di antara flywheel dan pelat penekan.

  1. Mesin cepat panas

Kamu dapat jadikan temperatur mesin kendaraan bertambah secara mencolok sebagai pertanda kampas kopling mobil habis.Sebetulnya, mesin mobil cepat panas saat dipakai adalah hal yang wajar. Bagaimana juga, ada beberapa energi yang diproses mesin saat mobil bergerak.

Tetapi, kamu harus siaga bila mesin cepat panas. Mesin yang cepat panas adalah salah satunya beberapa ciri kampas kopling mobil habis. Saat kampas kopling habis, perputaran mesin akan bertambah. Keadaan kampas yang tipis akan membuat permukaan atasnya licin. Nach, licinnya permukaan kampas berikut yang selanjutnya membuat perputaran mesin jadi makin cepat.

  1. Pindah persneling berasa berat

Ciri-ciri yang lain dapat dikenal dengan mudah adalah peralihan transmisi gigi mobil berasa berat. Pada keadaan normal, peralihan persneling dapat dilaksanakan tanpa kerja keras.

Tetapi, kamu harus keluarkan tenaga extra jika kampas kopling habis. Kampas kopling yang habis akan membuat mesin terus berputar-putar tiada henti. Putaran yang terus-terusan ini membuat transmisi susah tersambung.

Kamu akan kesusahan geser tuas pemindah gigi karena keras dan kaku. Cara menanganinya tidak lain adalah dengan memasang kampas kopling yang baru pada mobil punyamu.

Memerhatikan perform mobil bisa juga ketahui pertanda kampas kopling mobil harus ditukar. Dengan mengenal beberapa ciri kampas kopling mobil habis lebih cepat, kamu dapat jaga perform mobil kecintaanmu masih tetap sempurna.

Disamping itu, keadaan kampas clutch disc yang normal saat dioperasionalkan pengendara akan membuat mobil jalan seperti mestinya. Jika keadaan clutch disc tidak normal, malah akan memacu hal kebalikannya, bahkan juga dapat memunculkan rugi untuk pengendara atau penumpangnya.

Pengendara mobil yang arif selainnya ketahui pertanda clutch disc yang aus dan habis perlu memerhatikan bahaya yang bisa muncul karena hal itu. Bahaya itu satu diantaranya adalah mobil jadi lebih kurang kuat dan kurang memiliki tenaga.

Keadaan mobil yang kurang memiliki tenaga ini perlu dicurigai saat pengendara melalui tempat tanjakan atau lampu merah. Di saat ada di lampu merah, keadaan ini bisa jadikan mobil lebih berat digerakkan hingga mobilisasi terhalang dan bikin rugi kendaraan lain.

Di saat melewati jalan naik, keadaan ini mencemaskan hingga pengendara dianjurkan memperhitungkannya secara baik. Disamping itu, untuk keamanan saat berkendaraan, pengendara dapat pilih tanjakan yang tidak begitu terjal.

Di saat kopling aus atau habis pengendara pun tidak dianjurkan mendahului mobil yang lain. Ini karena perform mobil yang tidak mungkin dan tidak dapat optimal. Pengendara yang ngotot mendahului bisa memunculkan hal yang fatal seperti kecelakaan.

Pemicu Kampas Kopling Mobil Habis

Sesudah ketahui beberapa ciri kampas kopling telah tipis, ada sesuatu hal yang lain perlu kamu kenali yakni pemicunya.

Pemicu kampas kopling mobil tipis dapat terjadi, karena rutinitas sopir yang semaunya. Pada intinya, usia kampas kopling mobil dapat bertahan sampai 3 tahun, jika penggunaannya baik.

Tetapi, bila sopir mobil menggunakan kendaraan asal-asalan, kampas kopling juga dapat bertahan cuma sampai lebih kurang setahun saja. Maka dari itu, jauhi beberapa pemicu kampas kopling mobil tipis berikut ini, supaya kendaraan selalu terlindungi.

  1. Kopling terserang tetes oli

Kenapa tetes oli dapat membuat kampas kopling tipis? Ini karena tetes oli bisa kurangi grip permukaan pelat kopling, hingga kampas juga cepat habis. Tetes oli dapat datang dari ikatan sewa oli, seal crankshaft, dan oli transmisi yang bocor. Kamu dapat ketahui beberapa ciri kampas kopling mobil terserang tetes oli dengan timbulnya getaran saat mobil dipacu.

  1. Sering menggunakan kampas kopling secara kasar

Rutinitas sopir yang mencapai dan melepaskan kopling secara kasar bisa membuat kampas kopling mobil cepat tipis dan hancur. Ini karena saat sopir mencapai dan melepas kopling secara kasar, umumnya transmisi mobil belum pada kondisi beralih dengan prima. Hasilnya, kampas kopling juga cepat tipis.

  1. Hanya memakai 1/2 kopling

Pemicu seterusnya yang datang dari rutinitas sopir adalah pemakaian 1/2 kopling. Apa tujuan dari pemakaian 1/2 kopling? Pemakaian 1/2 kopling mengarah pada rutinitas sopir mobil manual yang menyimpan kaki di atas kopling mobil. Hal ini kelihatan remeh, tetapi dampaknya cukup berpengaruh pada kualitas kampas kopling. Bila rutinitas itu terjadi dalam jangka waktu lama, karena itu kampas kopling mobil juga makin lama akan tergerus.

Peranan Kampas Kopling Mobil

Peranan khusus kampas kopling mobil bermanfaat untuk memutuskan dan menghubungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi. Saat kopling bekerja, kampas kopling jadi elemen langsung memutar input transmisi karena kampas bersatu langsung.

Performa kampas kopling ini langsung akan bekerja bersama dengan clutch cover yang awalnya tersalurkan saat mesin memutar flywheel. Kampas kopling mobil dapat memperhalus pendistribusian tenaga mesin ke transmisi. Ini karena alat ini turut berperanan untuk memperhalus peralihan saat pendistribusian tenaga saat proses pendistribusian tenaga terjadi dari mesin ke transmisi. Ini akan membuat perputaran saat akselerasi mobil lebih lembut hingga tenaga mesin semakin dapat termonitor.

Kampas kopling mempunyai dua elemen khusus, yakni torsion dumper dan cushion plate yang bisa menahan hentakan dan getaran saat proses ikat-putus dari tenaga mesin ke transmisi. Ini dapat kurangi berlangsungnya slip hingga tenaga mesin masih tetap tersalurkan dengan aman dan performa mobil masih tetap optimal.

Cara Ganti Kampas Kopling Mobil

Tentu saja, kampas kopling yang mulai tipis jangan didiamkan demikian saja. Bila ini telah kelihatan pada mobilmu, karena itu secepat mungkin untuk menukar kampas mobil sama yang baru.

Sebagian orang kemungkinan belum demikian memahami bagaimana cara menukar kampas kopling mobil yang telah tipis. Berikut kami bahas bagaimana triknya menukar kampas kopling yang dapat dilaksanakan sendiri.

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua beberapa alat yang dipakai untuk proses pergantian kampas kopling mobil.
  2. Sebelum lakukan penempatan, yakinkan untuk memulasi grease yang ada di kutub transmisi dan release bearing.
  3. Setelah itu kerjakan penempatan kampas kopling dan rumah kopling yang baru pada roda style. Penempatan bisa dilaksanakan dengan memakai tangkai pelumas hingga mempermudah saat memasangkan kutub transmisi.
  4. Setelah penempatan kampas dan rumah kopling usai, karena itu kamu dapat memasangkan baut pengikat pada rumah kopling dengan memakai kunci berlagak (12 mm) secara berganti-gantian dan rata.
  5. Kencangkan semua baut dengan memakai kunci peristiwa. Yakinkan penempatan baut telah kuat dan tidak goyang.
  6. Pasang bak transmisi yakni dengan menempatkan bak transmisi di dongkel dan pompa dongkel sampai ketinggian antar transmisi dan rumah kopling sama. Kemudian dorong bak transmisi sampai maju sampai kutub transmisi bisa masuk ke kutub kopling.
  7. Pasang baut pengikat pada bak transmisi dengan kunci (14 mm) dengan bersilang dan rata. Kemudian baru bebaskan jack stand yang dipakai untuk meredam mesin.
  8. Pasang penyangga pada bak transmisi dengan bodi mobil dengan cara mengikatnya dengan memakai 4 baut pengikat. Kerjakan secara memakai kunci ring (17 mm)
  9. Pasangan kutub propeller dengan masukkan kutub, diawali dari depan sampai masuk ke bak transmisi yang ada di sisi output. Kemudian pasang kutub propeller yang berada di sisi belakang dengan 4 biji mur dan 1 baut pengikat.
  10. Pasang kembali olor kopling yang ada di garpu pembebas, kemudian pasang pegas pembalik dengan memakai obeng (-) dan tang. Kemudian pasang lagi kabel mundur yang ada di socket.
  11. Pasang olor persneling dengan tang
  12. Kemudian pasang lagi motor starter dengan 2 baut pengikatnya dan sambungkan kembali kabel accu (-) dengan terminal 30 dan 50 starter dan ST Kunci contact.
  13. Lepaskan dongkrak secara perlahan-lahan.
  14. Setelah usai janganlah lupa lakukan pengetesan. Untuk mengetes nya, kamu dapat lakukan di jalanan umum dengan mengubah-mindahkan perseneling mobil. Bila bisa berjalan lancar tanpa timbulnya bunyi-bunyi aneh, karena itu proses pergantian yang sudah dilakukan sukses.

Harga Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya tukar kampas kopling mobil benar-benar bervariatif, bergantung type dan merk kendaraan. Umumnya, bila kamu memilih untuk menukar kampas kopling mobil di dealer atau bengkel resmi, ongkosnya akan lebih mahal bila dibanding dengan di bengkel specialist kopling mobil yang biasa. Masalahnya kampas kopling akan ditukar dengan mode yang asli keluaran perusahaan.

Sebagai bahan rekomendasi, harga satu set kopling mobil untuk kendaraan merk Honda, seperti Mobilio, Brio, dan HR-V, ada di range Rp2,7 juta-an di bengkel resmi. Sementara, untuk mobil merk Daihatsu, harga satu set kopling ada di range Rp1,tiga juta untuk Xenia 1.000cc dan Rp1,tujuh juta untuk Xenia 1.300cc, Rp1,6 juta-an untuk Terios, dan Rp1 juta-an untuk mode Ayla.

Biaya Tukar Kampas Kopling Mobil

Type Mobil Kisaran Biaya

Honda Mobilio Rp2.700.000

Honda Brio Rp2.700.000

Honda HR-V Rp2.700.000

Honda Freed Rp1.140.000

Daihatsu Xenia 1.0 L Rp1.300.000

Daihatsu Xenia 1.3 L Rp1.700.000

Daihatsu Terios Rp1.600.000

Daihatsu Ayla Rp1.000.000

Suzuki Ertiga Rp1.500.000

Suzuki Karimun Rp900.000

Suzuki S-Cross Rp3.500.000

Toyota Avanza Rp1.350.000

Toyota Vios Rp1.080.000

Nissan Grand Livina Rp1.500.000

Mitsubishi Xpander Rp2.500.000

Info biaya pergantian kampas kopling mobil di atas kami kumpulkan dari beragam sumber, terhitung info dari pihak bengkel. Perlu dicatat jika biaya itu tidak mengikat dan bisa berbeda setiap saat. Tetapi, dibanding tahun awalnya, biaya tukar kampas kopling mobil sekarang ini relatif hampir sama.

Bila di biaya bengkel resmi kamu pikir terlampau mahal, kamu dapat menukar kampas kopling mobil di bengkel-bengkel umum. Umumnya, harga yang dibanderol lebih rendah. Bengkel umum di bilangan Pondok Cabai misalkan, tawarkan jasa servis Rp 500 beberapa ribu pada harga satu set kopling Rp1,5 juta-an. Bila kamu cari sendiri di website e-commerce, satu set kopling Avanza dan Xenia, masing-masing saat ini dipasarkan pada harga Rp1,3 sampai Rp2 juta yang orisinal, Hyundai Trajet sekitar Rp1,tiga juta sampai Rp 2,8 juta-an, dan Suzuki Ertiga, Honda Jazz, Honda Brio, dan Honda Mobilio masing-masing mulai Rp1,75 juta-an.

Panduan Menjaga Kampas Kopling Mobil

Kondisi rusak dan habisnya clutch disc perlu diperhitungkan pengendara saat sebelum mengakibatkan rugi di jalan. Salah satunya pemicu kecelakaan karena ini misalkan seperti lebih susah diakuinya kecepatan jarak menempuh mobil untuk mendahului. Keadaan semacam ini perlu dijauhi dengan perawatan clutch disc yang teratur. Berikut sejumlah cara menjaga kopling mobil yang mudah.

  1. Mengetahui Permasalahan Umum Kopling

Pengendara arif perlu ketahui beberapa masalah yang biasa terjadi pada clutch disc. Pengetahuan pada beberapa masalah umum ini bermanfaat untuk mengoptimalkan perawatannya. Permasalahan umum umumnya terjadi pada slip yang menyebabkan tenaga mobil tidak tersalurkan dengan optimal.

Keadaan selanjutnya yakni tuas gigi yang susah beralih karena beberapa permasalahan mesin yang cuma dapat ditangani oleh pihak bengkel. Beberapa kondisi itu umumnya mengakibatkan bahan bakar kendaraan cepat habis hingga mobil rewel.

  1. Tidak Lakukan Beberapa hal yang Bikin rugi

Cara menjaga kampas clutch disc seterusnya adalah dengan menghindar beberapa hal yang hendak merugikannya. Perawatan ini terkait dengan cara penggunaan supaya clutch disc bisa digunakan dalam jangka waktu semakin lama dan masih tetap efektif.

Salah satunya hal yang penting dijauhi yaitu meredam clutch disc dalam status 1/2 saat melalui tanjakan. Keadaan ini bisa pengendara jauhi dengan mengakalinya memakai rem pada setir.

Keadaan yang penting dijauhi selanjutnya adalah tidak tekan clutch disc saat tidak diperlukan. Keadaan ini sering diacuhkan pengendara karena alasan lupa dan terlatih menempatkan kaki di atas clutch disc. Jika terus menerus diacuhkan, ini bisa percepat ausnya mesin.

  1. Memakai Kopling Dengan Betul

Pengendara perlu memakai kopling secara benar supaya tahan lama dipakai. Pemakaian clutch disc yang betul yaitu pedalnya diinjak prima, selanjutnya tuas giginya diambil. Perpindahan tuas gigi perlu dilaksanakan setahap dari yang terendah ke tingkat tertinggi supaya transmisi dapat terus normal.

Itulah informasi-informasi penting berkaitan kampas kopling mobil khususnya ciri-cirinya saat kampas kopling habis dan perlu ditukar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.